Bekerja dan Berkarya (Give Your Best)

By | February 23, 2017

Selamat sore para pembaca setia blog ini, sudah lama saya ingin menulis tentang topik yang satu ini yaitu tentang bekerja bekerja dan bekerja dengan maksimal. Saya akui, saya pun masih mencoba untuk terus memberikan yang maksimal disetiap pekerjaan yang saya lakukan walau berat dan banyak tantangannya. Dulu sewaktu di awal-awal memasuki dunia kerja, waktu yang paling saya nanti-nantikan adalah waktu pulang kerja.. wahhh gimana gitu rasanya, ada perasaan lega, senang dan bebas menjadi satu. Setiap hari begitu-begitu terus dan seringkali saat jam kerja pikiran ini sudah menanti-nanti jam pulang kerja. Bisa Anda bayangkan bagaimana tidak produktifnya saya waktu itu, bagaimana kontribusi yang saya berikan sangat kecil kepada perusahaan sementara perusahaan tetap harus membayar gaji pokok saya.

Belakangan, seiring dengan besarnya niat untuk pengembangan diri dan semenjak kenal dengan dunia seminar-seminar dan pembelajaran lain saya menjadi sadar bahwa dari 24 jam waktu yang kita miliki dalam satu hari (semua orang memiliki waktu yang sama) kita bebas menggunakanya untuk apa saja sesuai dengan keinginan kita. Sering saya bertanya dalam hati kenapa ada orang begitu luar biasa pencapaian finansial nya sementara ada yang biasa-biasa saja pencapaian finansialnya, bahkan ada yang sangat buruk pencapaian finansialnya. Padahal waktu yang dimiliki sama 24jam sehari. Dan saya termasuk yang biasa-biasa saja pencapaian finansialnya sampai saat ini (tapi saya memiliki tekad yang kuat untuk berubah lebih baik). Hal ini membuat saya sering meluangkan waktu untuk mengamati apa saja sih yang dilakukan oleh orang-orang yang pencapaian finansialnya itu luar biasa. Nah, dari sekian banyak orang yang saya amati di lingkungan saya (lebih dari 23 orang), saya menyimpulkan ternyata mereka semua memanfaatkan waktu kerja mereka dengan sangat baik. Maksud saya, jam kerja mereka sangat produktif dan sangat maksimal (sangat banyak pekerjaan yang bisa mereka kerjakan dibanding dengan orang kebanyakan).

Mereka seperti kerasukan dalam bekerja, sangat fokus, iklas, dan rela berkorban. Setelah saya coba lakukan hal yang sama seperti yang orang-orang dengan pencapaian luar biasa dari segi finansial ini lakukan, tahukah anda.. ternyata rasanya berat dan menyakitkan di awal-awal. Kenapa? karena saya menyadari bahwa hidup ini sebenarnya tidaklah adil, bagaimana saya mengambil banyak pekerjaan di gaji lebih rendah dari atasan saya yang kerjanya cuma marah-marah dan tanda tangan saja. Woww, Saya bisa bayangkan bagaimana tangguhnya mereka yang pencapaian finansialnya mengagumkan ini dalam bekerja..

Dulu, Saya sering bosan di tempat kerja. Sampai akhirnya saya tersadar kalau dari 24 waktu yang kita miliki 8 jam kita gunakan untuk tidur malam, 9 jam di tempat kerja (dari jam 8 sampai jam 5 sore), 2 jam untuk perjalanan, 2 jam untuk hal pribadi dan sisanya 3 jam untuk keluarga. Jadi setelah saya hitung-hitung ehh ternyata waktu saya sebagian besar di tempat kerja, nah bila sebagian waktu saya itu saya merasa “tidak nyaman” bisa Anda rasakan bagaimana menderitanya hidup saya waktu itu.

Belajar dari kisah orang-orang sukses dan bebas dari segi keuangan, saya mulai mendidik diri untuk bekerja dengan iklas. Saya menganggap setiap perusahaan tempat saya bekerja adalah perusahaan saya sendiri, jadi saya berikan yang terbaik yang saya bisa untuk perusahaan tempat saya bekerja. Hasilnya bagaimana? ternyata hati ini menjadi lebih lega, lebih iklas dan lebih mampu bersyukur dengan gaji yang saya dapat waktu bekerja. Saya jadi sering memotivasi teman-teman yang dongkol kepada perusahaan untuk menjadi lebih loyal kepada perusahaan, karena saya membayangkan bagaimana bila nanti saya memiliki perusahaan dan karyawan saya “menggerogoti” perusahaan saya. Wahh jangan sampai ya..

jadi apa yang ingin saya bagi disini adalah berikanlah yang maksimal di tempat anda bekerja, bila perusahaan tidak menghargai hasil kerja anda.. masih banyak perusahaan lain yang menghargai anda lebih. tunggu saja waktu nya.

salam indonesia hebat!

2 thoughts on “Bekerja dan Berkarya (Give Your Best)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *