Empat Tipe Orang yang Wajib Kita ketahui

By | June 12, 2017

Selamat malam sidang pembaca, senang sekali saya mendapat waktu luang untuk menulis di blog yang saya persembahkan untuk Nusantara ini. Sekali lagi saya ingatkan blog ini saya bikin untuk bisa berkontribusi terhadap peningkatan kualitas SDM rakyat Indonesia sehingga Bangsa ini bisa lebih bersaing di pentas dunia. Kenapa saya ingin kualitas SDM kita meningkat, ya jelas karena suatu negara dibentuk oleh sekumpulan orang. Jadi orangnya sangat-sangat penting. Alasan saya tergerak untuk membuat blog ini yang lebih lengkap bisa Anda baca di link ini Tentang blogger

Kali ini saya tuliskan tentang tema pengembangan diri (self Development). Berdasarkan pegalaman saya di dunia kerja selama ini saya menemukan ada empat tipe orang yang bisa kita kategorikan terutama dalam dunia kerja. Pengkategorian ini saya buat sebagai bahan renungan buat diri sendiri dan menilai rekan bisnis. Baiklah saya jabarkan sekarang ya..

tipe pertama adalah

Orang bisa ngaku bisa. Orang yang mampu mengerjakan suatu tugas dari perusahaan atau organisasi dan mengatakan dengan percaya diri bahwa dirinya mampu. Ada gak temen-temen kerja kita yang bila ada tugas baru dari perusahaan dan kebetulan dari tempat kerja sebelumnya Dia sudah pernah melakukan dan berhasil, kemudian saat penugasan dan atasan memilih siapa yang akan menggarap, orang tipe pertama ini biasanya akan mengajukan diri dan mengatakan optimis akan berhasil (karena sudah berhasil di tempat sebelumnya).

Bagus memang untuk motivasi diri sendiri, namun kenyataan dilapangan adalah tugas yang sama di tempat sebelumnya dengan tempat kerja saat ini sangatlah berbeda. Misal Anda mampu melakukan penagihan piutang perusahaan dengan mudah saat bekerja di perusahaan “consumer goods” bila di bawa ke penagihan di Bank akan sangat berbeda. Nah hal yang terakhir di ulas inilah salah satu hal yang harus diwaspadai oleh ANda dengan tipe ini baik bagi diri Anda sendiri sebelum memutuskan menerima tugas maupun Anda sebagai atasan saat memilih orang dengan tipe ini. Sebab beda perusahaan pasti beda budaya nya. Bagi Anda dengan tipe ini, salah melangkah akan menjatuhkan kredibilitas Anda. .

Tipe Kedua adalah

Orang bisa ngaku gak bisa. Orang yang mampu mengerjakan suatu tugas dari perusahaan atau organisasi dan mengatakan bahwa dirinya belum mampu. Saya termasuk tipe ini hehehehe. misal suatu ketika Kita mendapat tugas baru yang pernah kita lakukan di tempat kerja sebelumnya dan berhasil, orang-orang dengan tipe ini tidak akan mengacungkan tangan. Tipe ini baik anda terapkan untuk mengejar prestasi, kenapa? karena saat kita tampil di bawah kemampuan maka hasil kerja kita akan terlihat bagus. Misal bila kita menerima tugas dari atasan atau pemilik kita menyanggupi tapi dengan bahasa “baik saya akan coba, mudah-mudahan berhasil”.

Bila begini cara kerja kita, atasan dan rekan kerja lain tidak akan berharap terlalu besar dengan kita dan disanalah peluang kita untuk menunjukkan prestasi. Contoh sewaktu saya bekerja di salah satu bank daerah terbesar di Indonesia saya mendapat tugas sebagai Credit Supervision yang tugasnya membina kredit bermasalah. Pekerjaan ini sudah pernah saya lakoni di tempat kerja sebelumnya, namun saat penugasan saya katakan kepada atasan saya kalau saya akan mencoba maksimal. Hasilnya pencapaian pengelolaan kredit bermasalah malah mendapat apresiasi dari Pucuk Pimpinan.

Keuntungan orang tipe ini adalah, bila Anda gagal nama Anda tidak akan jatuh namun sebaliknya bila Anda berhasil maka nama Anda akan langsung terangkat. Meminjam Istilah teman-teman yang tahu saya melakukan trik ini “merendahkan kapasitas untuk meningkatkan kualitas”

tipe Ketiga adalah

Orang gak bisa ngaku gak bisa. Orang yang tidak mampu mengerjakan tugas dari perusahaan dan mengatakan secara jujur dirinya tidak bisa.

Orang dengan tipe ini biasanya orang yang tidak mau belajar dan meningkatkan kemampuan dirinya. Mereka akan selalu berada maksimal di levelĀ  tengah perusahaan. Mereka tergolong karyawan jujur, namun berkontribusi sedikit terhadap perusahaan. Bila Anda merasa di tipe ini, segeralah berubah karena banyak kesempatan di depan menanti Anda dan berhati-hatilah karena sewaktu-sewaktu posisi Anda bisa diganti dengan anak baru dengan dua tipe diatas.

kejujuran itu memang penting, namun bila ingin berkembang kejujuran saja tidak cukup ia harus ditambah dengan peningkatan kemampuan

Tipe Keempat adalah

Orang gak bisa ngaku bisa. Orang yang tidak bisa mengerjakan tugas dari perusahaan namun mengatakan dirinya bisa.

Nah, bila Anda berada di tipe ini maka saya sarankan SEGERA BERUBAH, ini tidak hanya membahayakan karir Anda, namun juga kelangsungan perusahaan Anda. Bayangan berapa pekerjaan yang akan Anda hancurkan dan akan menurunkan krediilitas Anda. Bila bawahan Anda ada tipe begini, segeralah bilang “good bye..”

keempat pengkategorian ini bukanlah satu-satu nya dasar dalam penilaian, masih ada banyak lagi yang bisa Anda cari di buku-buku pengembangan diri. Namun apa yang saya sampaikan ini mudah-mudahan bisa berguna untuk Anda sebagai pribadi dan sebagai atasan.

Nusantara jaya!

 

 

3 thoughts on “Empat Tipe Orang yang Wajib Kita ketahui

  1. Sample Papers

    Surely awesome stuff you have shared with your audience… I am a travel blog and follow some specifics. By the way keep working like this

    Reply
  2. Starr Wittlin

    Simply wanna comment on few general things, The website design is perfect, the subject matter is rattling wonderful : D.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *