Etika Bisnis, Aturan TaK Kasat Mata

By | May 6, 2018

Selamat pagi Pemuda nusantara !

Senang sekali saya bisa menulis lagi di sela-sela aktivitas pagi ini. Terbayang kah Anda bila di dunia ini tidak ada etika, norma, mitos dan hal lain yang tak kasat mata yang mengatur anda dan saya secara sedemikian rupa sehingga kita mau melakukannya kendatipun aturan itu tidak tertulis.

saya tidak ingin membahas semua nya, yang saya ingin ceritakan adalah tentang Etika.. inipun tidak secara luas, jadi saya persempit kepada etika bisnis saja.

pernahkah juga Anda bayangkan bagaimana jadinya dunia bisnis bila tidak ada etika dalam berbisnis?

saya teringat pengalaman ketika masih bekerja di sebuah grup perusahaan otomotif terbesar di indonesia sebagai orang sales nya. Ketika itu, kartu nama selalu di saku.. kemana-mana saya bawa itu kartu nama, maklum sebagai seorang sales setiap ada kesempatan kartu nama itu harus berpindah tangan sebagai salah satu alat untuk promosi. Kala itu, ketika menunggu di sebuah antrian dengan masih menggunakan pakaian kerja (saya lupa antrian apa. hehe), saya dihampiri seseorang setengah baya, setelah basa basi sebentar beliau memberikan kartu nama nya kepada saya, sambil menyerahkan kartu nama nya beliau berkata “ini kartu nama saya, nanti kalo kamu butuh asesoris mobil kamu bisa ketempat saya. soal harga .. gampanglah”

sembari mendengarkan beliau saya baca kartu nama nya, tertulis toko asesoris mobil. Beliau melanjutkan dengan kata-kata “kalo di tempat saya, saya jamin harga paling murah, karena di sekitar sini semua toko asesoris mobil beli ke saya” kemudian beliau menyebutkan beberapa toko yang membeli di tempatnya, dan dua dari toko yang disebutkan tadi adalah toko langganan saya.

Betapa tersentak batin saya saat itu, jika apa yang beliau sampaikan itu benar atau salah pun, bagi saya beliau sedang merusak etika dalam berdagang. Beliau sedang membunuh toko-toko yang beliau sebutkan tadi dengan cara tidak sehat. Padahal jika benar beliau menjual ke toko-toko tadi, kan hal itu berarti mereka bermitra, saling membutuhkan. Stok barang yang ada di bapak itu bisa dibantu dijual oleh toko-toko yang disebutkan tadi dengan lebih cepat. Pernahkah beliau membayangkan bila tidak ada toko “resseler” nya? berapa lama barang dagangannya akan menjadi stok tidak berputar?.

Hal seperti ini sering kita temui di Nusantara ini, perilaku pebisnis kita masih cenderung berorientasi jangka pendek. Hari ini memang untung, namun apakah akan berlanjut terus dalam jangka panjang lepas dari pemikiran nya.

Ini sama seperti penjual online yang mencari “resseler” namun saat dropship menyertakan identitas toko nya dengan lengkap. (untuk cerita tentang jualan online ini bisa anda baca di tumbuh dan besar bersama resseler anda).

Jadi kesimpulannya, walaupun Etika itu aturannya tidak tertulis namun peran-nya sangat besar sekali dalam menciptakan iklim bisnis yang bagus.

selamat pagi pemuda nusantara, pertahankan Etika dalam bisnis yuk!

5 thoughts on “Etika Bisnis, Aturan TaK Kasat Mata

  1. Pingback: Kecerdasan apa yang paling penting bagi pengusaha? – Self Development (pengembangan diri)

  2. Claudio Danneman

    Thanks for your personal marvelous posting! I definitely enjoyed reading it, you’re a great author.I will remember to bookmark your blog and will eventually come back someday. I want to encourage continue your great work, have a nice holiday weekend!

    Reply
  3. 3d rendering company

    Hello, I think your blog might be having browser compatibility issues. When I look at your blog site in Ie, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some overlapping. I just wanted to give you a quick heads up! Other then that, excellent blog!

    Reply
  4. GuQin

    I used to be very pleased to find this web-site.I needed to thanks in your time for this excellent read!! I definitely having fun with every little little bit of it and I’ve you bookmarked to take a look at new stuff you blog post.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *