Ini Bahaya nya Motivasi Berlebihan

By | August 3, 2018

Ini Bahaya nya Motivasi Berlebihan

Hai Pemuda Nusantara, sudah beberapa lama saya tidak menulis di blog sederhana ini. Indonesia membutuhkan tulisan-tulisan tentang Sumber Daya Manusia terutama di bidang pengembangan diri dan keuangan pribadi, untuk itu saya berusaha semampu saya menyumbangkan sedikit pemikiran di bidang itu.. semoga bermanfaat ya.

Motivasi itu memang baik namun yang sifatnya terlalu berlebihan juga tidak baik, kenapa? Setelah merenung beberapa lama saya mendapat bisikan kalau motivasi yang berlebihan itu tidak baik buat anda dan saya, memang kita menjadi menggebu-gebu dalam keseharian namun kita juga bisa menjadi lupa bersyukur, menjadi lupa mensyukuri setiap hal-hal kecil yang kita lalui. Kita selalu berusaha mencapai lebih dan lebih padahal hukum kehidupan sudah lama mengajarkan bahwa dualitas itu selalu ada.. kita tidak bisa selamanya sukses sebab sukses dan gagal adalah ibarat koin, di satu sisi kesuksesan dan di sisi lain kegagalan.

Beberapa sahabat yang ingin mencari penghasilan lebih (uang) bahkan rela mengorbankan keluarga, anak, istri, dan orang tua untuk merantau mencari penghasilan lebih. Tak jarang, istri sedang hamil tua atau orang tua dalam keadaan sakit terpaksa harus ditinggal demi penghasilan yang lebih. Pindah-pindah kerja adalah hal yang biasa dilakukan, bahkan saya pun sempat pindah-pindah kerja selama delapan (8) kali untuk mendapatkan penghasilan lebih.

Sudah punya satu bisnis, ingin nambah lagi. Sudah punya penghasilan sesuai tujuan awal lalu ingin nambah lagi. Apakah Bahagia? Saya belum berani mengatakan bahagia. Ketika kita termotivasi berlebihan, kita memasang target sangat tinggi, melihat kehidupan orang yang lebih kaya dari kita kemudian berusaha mencapai kehidupan kehidupan seperti orang yang kita kagumi itu. Belajar dari kehidupan banyak sekali orang, ada yang bisa mencapai nya namun ada banyak sekali orang yang tidak mencapainya padahal sudah dengan usaha dan kerja keras yang sangat luar biasa.

Mengapa beberapa orang seperti Chairul Tanjung (Trans Corp), Bob Sadino (Kemchick), Alex P Chandra (BPR Lestari) dan segelintir orang seperti beliau mampu mencapainya? Selain kerja keras tentunya yang mutlak harus di lakukan masih ada faktor penentu lain yang diluar kemampuan kita dan masih menjadi misteri. Kalau boleh saya tuangkan ke angka maka bisa dikatakan 99% kerja keras (termasuk membina relasi) dan 1 % faktor “x” nah, faktor “x” inilah yang diluar nalar dan kemampuan kita sebagai manusia. Bertemu dengan orang yang bisa membantu kita, diselamatkan hidup oleh orang yang tidak kita kenal sebelumnya, tanpa sengaja bertemu seseorang yang dikemudian hari menjadi mitra bisnis dan tanpa bisa kita atur dan pilih terlahir dimana dan siapa ayah ibu kita adalah faktor “x” tadi.

Di Bali, faktor-faktor “x” tadi dikenal dengan “ Karmaphala”

Anda bisa mencari sendiri apa itu “karmaphala” untuk pengertian yang lebih terperinci, namun izinkan saya untuk memberikan keterangan secara singkat untuk menguatkan pemahaman terhadap tulisan ini. Kharmaphala itu di barat dikenal dengan “ Law of Attraction” karya Rhonda Byrne. Dalam bahasa sederhana ia seperti hukum sebab akibat namun ini tidak hanya berkaitan dengan kehidupan saat ini melainkan akumulasi dari kehidupan sebelumnya juga inilah yang menjawab kenapa kita bisa lahir di mana dan dari Rahim siapa.

baca juga : milikilah hati yang penuh rasa syukur

Saat Perjalanan pulang kerja kehidupan mengingatkan saya betapa pentingnya juga untuk melihat kebawah. Di tengah perjalanan memalui jalan TOL saya berkesempatan melihat para petugas yang memberihkan sampah di sepanjang jalur TOL, betapa para petugas tersebut melakukan pekerjaan yang mempertaruhkan nyawa.

Anda dan saya tahu berapa kecepatan kendaraan yang melewati jalan TOL, membayangkan saja membuat saya bersyukur dengan apa yang menjadi pekerjaan saya saat ini, terutama tidak mempertaruhkan nyawa secara langsung.

Motivasi itu tentu kita perlukan dalam kadar-kadar tertentu, tugas anda dan saya adalah mengontrol jangan sampai kita lupa bersyukur akan kehidupan kita saat ini.

Salam hormat.

Jayalah Nusantaraku!

6 thoughts on “Ini Bahaya nya Motivasi Berlebihan

  1. oprol evorter

    My brother suggested I might like this website. He was totally right. This post truly made my day. You cann’t imagine just how much time I had spent for this information! Thanks!

    Reply
  2. Sample Papers

    Surely awesome stuff you have shared with your audience… I am a travel blog and follow some specifics. By the way keep working like this

    Reply
  3. Abogados accidentes de tráfico Zaragoza

    Howdy! Someone in my Myspace group shared this website with us so I came to check it out. I’m definitely loving the information. I’m bookmarking and will be tweeting this to my followers! Wonderful blog and outstanding design and style.

    Reply
  4. https://cbd-campus.com/

    I just like the valuable information you supply on your articles. I’ll bookmark your blog and take a look at once more here frequently. I am relatively sure I will be told many new stuff proper right here! Good luck for the following!

    Reply
  5. Hairstyles

    Hi, i think that i saw you visited my site so i came to 搑eturn the favor?I am attempting to find things to enhance my site!I suppose its ok to use some of your ideas!!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *