saatnya melihat sudut pandang lain

By | October 10, 2019
www.unsplash.com

Akhir-akhir ini mulai bermunculan cerita-cerita atau mungkin fakta yang bermunculan tentang sudut pandang lain dari sebuah kejadian,

Misalnya cerita Ramayana, sudah sejak lama diceritakan bahwa pada cerita itu Shri Rama lah yang benar sebab kalau dilihat secara nyata, Raja Rahwana posisi nya saat itu sedang menculik Dewi Shita. Jadi berada di posisi salah. Namun belakangan mulai bermunculan cerita cerita dari sudut pandang lain tentang cerita Ramayana ini, bahwa Rahwana melakukan semua itu karena dia juga kebingungan dan merasa benar.

Menurut cerita yang beredar, Dewi Shita adalah reinkarnasi dari istri Raja Rahwana dan Raja Rahwana mengetahui hal itu karena kesaktiannya. Rahwana juga kasihan melihat Dewi Shita hidup serba kekurangan di tengah hutan menjalani mas pengasingan bersama Shri Rama, maka diajaknyalah Dewi Shita ke kerajaannya. Dan mendapat perlakuan yang sangat baik oleh Raja Rahwana. Cerita selanjutnya silahkan browsing sendiri yah. hehe..

Cerita berikutnya adalah The Avenger, juga melihat dari sudut pandang lain yaitu Thanos. Thanos hanya ingin membersihkan dunia ini dari manusia-manusia yang tidak perduli dengan dunia ini, yang bisanya hanya mengeruk kekayaan bumi ini tanpa mau merawatnya dengan baik. Cerita detailnya toton aja film nya ya. hehe

cerita berikutnya lagi yang paling terkini, adalah film JOKER. juga melihat dari sudut pandang lain. Joker adalah tokoh jahat dalam film Batman. Dimana pada film kali ini JOKER di ceritakan menjadi “jahat” akibat perlakuan yang tidak baik dan ketidak adilan yang di dapatnya. Jadilah ia seperti sekarang.. lagi lagi cerita detailnya silahkan tonton sendiri.

Sementara di dunia psikologi, sudah sejak lama ditemukan bahwa tidak ada kejahatan yang berdiri sendiri. Artinya para pelaku kejahatan adalah sebenarnya juga korban. Korban keadaan, jika pelaku kejahatan itu mempunyai pilihan, bisa saja dia tidak melakukan hal yang merugikan orang lain itu namun keadaan memaksanya melakukan itu. DIperlukan kedewasaan yang luar biasa dalam hal ini.

sudah begitu banyak contoh yang bermunculan di zaman ini seolah mengingatkan kalau sudah saat nya juga kita belajar melihat sesuatu dari sudut pandang berbeda. Karena bisa saja sudut pandang lain itu juga benar.

“ingat, ketika anda merasa benar orang lain belum tentu salah”

semoga bermanfaat ya pemuda Nusantara.

jaya Nusantara!

www.indonesiakuhebat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *