Tipe-tipe Jualan Online Yang Wajib Kita Ketahui

By | January 24, 2017

“bisa COD gak sis?” “bisa lihat dulu barangnya?” “beda gak ya sama aslinya?” “alamat toko-nya dimana sis?” bagi para pelaku “jualan online” di Indonesia pasti akrab sekali dengan kalimat tanya seperti ini. Kata “Sis” disini berarti Sister yang artinya perempuan, jadi sebagian besar pelaku jualan online ini adalah para wanita dan sasaran mereka juga ya para wanita. hmmm fakta ini menarik bukan?, dunia “bisnis” online saat ini ternyata masih didominasi oleh para wanita yang sebagian besar juga “gaptek” baik si penjual maupun si pembeli, itu sebabnya kalimat tanya-kalimat tanya seperti tadi sering kali muncul.

Fenomena jualan online di Nusantara ini cukup unik, mungkin juga terjadi di negara-negara berkembang lain. Jadi berdasarkan pengalaman saya melakukan jualan online saya mengkategorikan kalau tipe jualan online di Indonesia bisa saya kategorikan menjadi dua.

Tipe yang pertama adalah tipe semi online, nah tipe ini bisa dibilang tipe jualan online yang setengah-setengah. Setengah online dan setengah konvensional. Baiklah mari kita bahas, tipe semi online ini para pelakunya sebagian besar adalah para emak-emak penopang perekonomian keluarga, para wanita yang mencoba membantu para suaminya untuk mencari uang, dan juga para ABG-ABG yang mencoba mencari penghasilan tambahan agar tidak memberatkan orang tua atau yang mencari penghasilan untuk belajar mandiri.

Tipe semi online ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang pekerja keras, kenapa? karena dalam berjualan online para pelaku semi online ini biasanya berjualan melalui media sosial dan dikerjakan langsung oleh pemilik baik itu menjawab pertanyaan perlanggan, orderan sampai pengiriman. Jadi mereka malakukan semuanya tanpa sistem, atau kalau tidak mau dikatakan tanpa sistem maka dikerjakan dikerjakan sistem yang tidak teratur. Dan uniknya, entah kenapa pelanggan-pelanggan tipe ini adalah juga orang-orang yang awam tentang online. Maksudnya? maksudnya begini, misal nih kita posting satu barang di medsos kita kemudian mendapat respon dari pelanggan di medsos seperti ini “tokonya dimana sis, bisa liat barangnya kesana gak?” “bisa ketemuan dimana sis?” “bisa bayar setelah barang diterima gak sis?”. Nah kebayang kan bagaimana ribetnya dan rempongnya melayani pelanggan tipe ini, iya kalau satu atau lima mungkin masih bisa kehandel, bayangkan kalau 10 atau lebih. coba deh bayangkan,.. ini lah sebabnya kenapa tadi saya bilang tipe semi online ini hanya bisa dilakukan oleh para pekerja keras. Jadi yang bukan tipe pekerja keras sebaiknya jangan meniru tipe ini deh, Anda pasti binasa.

Tipe yang kedua adalah tipe full online, kalau tipe ini semua kegiatan dilakukan hampir 90 persen online karena yang 10 persennya pasti kita gunakan untuk mengirimkan barang ke jasa ekspedisi langganan. Para pelaku full online ini kebanyakan dilakukan oleh orang-orang IT atau yang belajar IT. Jadi sangat jarang dilakukan oleh para emak-emak, wanita atau ABG yang saya contohkan sebelumnya.

Tipe full online ini contohnya seperti toko-toko ecomerse yang marak beredar sekarang ini, ada juga sebagai affiliator (berjualan dengan menjadi afiliasi) dan ada juga yang menggunakan website, blog dan bahkan medsos. Khusus di media sosial ini ada perbedaan yang mendasar antara tipe semi online dan tipe full online, kalau tipe semi online, penjual bersedia entah bagaimana caranya untuk memenuhi permintaan pelanggannya untuk COD atau berkunjung ke rumah kita ( saya katakan rumah, karena biasanya sebagian besar pelaku tidak memiliki toko). lalu untuk tipe full online hal hal yang sifatnya urgent seperti tadi tidak pernah dilakukan sebab segala proses harus melalui website atau blog yang mereka buat.

Nah jadi jelaskan tipe-tipe jualan online di Nusantara ini. lalu kalian tipe yang mana?

-pyh-

3 thoughts on “Tipe-tipe Jualan Online Yang Wajib Kita Ketahui

  1. Robt Chatham

    In this awesome scheme of things you’ll receive an A+ for hard work. Where you lost us ended up being on the specifics. As it is said, details make or break the argument.. And it couldn’t be more true right here. Having said that, allow me tell you what exactly did do the job. Your text is pretty powerful which is most likely why I am taking an effort to opine. I do not make it a regular habit of doing that. Secondly, even though I can notice a jumps in reasoning you come up with, I am not confident of just how you seem to unite your ideas which help to make your conclusion. For the moment I shall subscribe to your position but trust in the foreseeable future you link your facts much better.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *